Daerah

Profil Kota Sibolga

Kota Sibolga secara geografis terletak antara 1o44 LU dan antara 98o47 BT. Batas wilayah Kota Sibolga sebelah utara, timur, barat berbatasan dengan Kabupaten Tapanuli Tengah dan sebelah selatan berbatasan dengan Teluk Tapian Nuli dan mempunyai luas wilayah 1077 Ha.
Pada tahun 2006, Kota Sibolga mempunyai jumlah penduduk 91.941 jiwa yang terdiri dari 46.523 jiwa pria dan 45.418 jiwa wanita dengan tingkat kepadatan penduduknya sendiri mencapai 8.537 per Km2 dan laju pertumbuhan rata-rata sebesar 1,86%.
Dilihat dari segi ekonomi, total nilai PDRB yang dicapai Kota Sibolga pada tahun 2006 sebesar 591,07 miliar rupiah dengan konstribusi terbesar datang dari sektor pertanian sebesar 148,06 miliar rupiah, sektor perdagangan, hotel, restoran sebesar 125,41miliar rupiah dan dari sektor jasa sebesar 110,40 miliar rupiah.
Letak Kota Sibolga yang sepi di tepi pantai merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki. Keindahan alam tepi pantai, dengan pesona deretan pulau-pulau yang ada menjadi daya tarik tersendiri untuk menarik wisatawan. Dengan keindahan alam tepi pantai ini, Kota Sibolga sangat berpotensi untuk mengembangkan paket wisata bahari. Pulau-pulau yang berpotensi mengembangkan wisata bahari adalah Pulau Poncan Gadang, Pulau Poncan Ketek, Pulau Panjang dan Pulau Sarudik. Selain wisata bahari, keindahan alam Kota Sibolga juga cocok untuk dikembangkan menjadi wisata alam bagi yang menyukai petualangan. Lokasi wisata yang menjadi tujuan para wisatawan adalah Torsimarbarimbing, Puncak Gunung Santeong dan Puncak Pemancar TVRI.
Komoditi andalan yang menjadi primadana di Kota Sibolga adalah produksi perikanan laut yang cukup berlimpah. Penangkapan ikan merupakan penyumbang utama bagi kegiatan perekonomian Kota Sibolga.
Sumber Data:
Sumatera Utara Dalam Angka 2007
(01-9-2007)
BPS Provinsi Sumatera Utara
Jln. Asrama No. 179, Medan-20123
Telp (061) 8452343
Fax (061) 8459966

PEMERINTAH ABAIKAN SITUS SEJARAH DI SIBOLGA

http://melayuonline.com/ind/news/read/7878/pemerintah-abaikan-situs-sejarah-di-sibolga

Hindari pecah belah di Pilkada Sibolga

SIBOLGA – Pilkada di Sibolga akan bergulir tahun 2010 mendatang, namun hendaknya jangan jadikan Pilkada itu membuat masyarakat  menjadi terpecah-pecah.

Pengalaman masa lalu saat Pilkada tahun 2004 harus disadari pil pahit bagi masyarakat. Saat itu masyarakat Sibolga belajar berdemokrasi secara benar dan marilah dipelajari bagaimana demokrasi itu sebab yang terjadi pada saat itu adalah konflik.

“Banyak yang tidak cocok dengan segala macam diucapkan dan itu sebenarnya kepahitan yang tak baik. Namun Insya Allah saat ini sudah tidak lagi, karena itulah yang sangat sedih saya rasakan karena tertinggal dari kawan-kawan, hendaknya Pilkada tahun 2010 ini jangan terjadi kembali,” kata wakil walikota Sibolga, Afifi Lubis, tadi malam.

Menurut Afifi, pada Pilkada tahun 2004 dirinya mencalonkan diri berpasangan dengan Sahat P Panggabean walaupun waktu itu walikota Sibolga sekarang mendukungnya menjadi walikota, namun dirinya tidak pernah mau menentang walikota Sibolga karena biarlah semua jenjang harus dilalui.

“Dengan demikian saya tidak pernah ada yang saya sakiti termasuk Sahat P Panggabean sebagai atasan saya hingga saat ini kami masih berjalan beriringan beliau jadi walikota saya menjadi wakil walikota Sibolga,” kata Afifi.

Lebih lanjut dikatakan Afifi, dengan dukungan ini dirinya pun minta restu kepada seluruh masyarakat Barus, terutama yang ada di Sibolga serta para tokoh-tokoh masyarakat Barus yang ada di Sibolga untuk mencalonkan diri menjadi walikota Sibolga periode mendatang.

Untuk menjadi Walikota tidaklah semudah membalikkan telapak tangan sebab tanpa ada dukungan masyarakat itu hanya khayalan belaka dan yang lebih penting lagi mendapat restu dan Ridho dari Allah SWT.

“Karena saya lahir dan besar serta mengabdi dan mungkin nantinya dikubur di Sibolga saya akan berbuat sebaik mungkin untuk memajukan kota Sibolga dan tolong ingatkan saya sebab kalaulah saya tidak melakukan hal yang baik di daerah ini maka bukan saya saja yang dicerca orang,” ungkapnya.
(dat02/waspada)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: